Kuis Softskill Mei 2011

20 05 2011

Komputasi Modern

Soal :
1. Apa yang kamu ketahui tentang komputasi modern ?
2. Jelaskan sejarah komputasi modern !
3. Sebutkan macam-macam komputasi modern !

Jawab :

  1. Komputasi modern adalah perhitungan menggunakan apa yang kita kenal sekarang dengan sebutan komputer.
  2. Sejarah komputasi modern dimulai dengan penggunaan dua teknologi yang terpisah yaitu perhitungan otomatis dan permrograman tapi tidak ada satu perangkat yang dapat diidentifikasi sebagai komputer yang paling awal, sebagian karena penerapan yang tidak konsisten istilah tersebut. Di bawah ini adalah tabel sejarah komputasi modern :
  3. Tabel sejarah komputasi modern

  4. Macam-macam komputasi modern yaitu : grid computing, cloud computing, dan mobile computing

Paralel Processing

Soal :
1. Apa yang kamu ketahui tentang komputasi ?
2. Apa yang kamu ketahui tentang paralel processing ?
3. Jelaskan hubungan antara komputasi modern dengan paralel processing !

Jawab :

  1. Komputasi adalah cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel.
  2. Paralel processing atau pemrosesan paralel bisa diartikan sebagai cara untuk melakukan proses pengolahan data dengan menggunakan beberapa prosessor secara bersamaan. Ini dimaksudkan untuk menjadikan waktu pemrosesan menjadi lebih efisien dan lebih cepat. Ada dua teknik pemrosesan paralel yaitu menggunakan Multi-Core System dan menggunakan PC Clustering.
  3. Hubungan antara komputasi modern dengan paralel processing yaitu dengan menggunakan paralel processing maka kinerja dari komputasi modern menjadi lebih cepat dan efisien dari segi waktu dan biaya. Ini dikarenakan paralel processing itu menggunakan dan memanfaatkan beberapa komputer atau CPU untuk menemukan suatu pemecahan masalah dari masalah yang ada. Sehingga dapat diselesaikan dengan cepat daripada menggunakan satu komputer saja dikarenakan adanya pembagian masalah pada masing-masing CPU.

BioInformatika

Soal :

1. Bagaimana perkembangan Bio Informatika di Indonesia?
2. Bio Informatika dapt diaplikasikan di bidang mana saja?

Jawab :

  1. Di Indonesia, Bio Informatika masih belum dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini dapat dimaklumi karena penggunaan komputer sebagai alat bantu belum merupakan budaya. Bahkan di kalangan peneliti sendiri, barangkali hanya para peneliti biologi molekul yang sedikit banyak mengikuti perkembangannya karena keharusan menggunakan perangkat-perangkat Bio Informatika untuk analisa data. Sementara di kalangan TI masih kurang mendapat perhatian. Ketersediaan database dasar (DNA, protein) yang bersifat terbuka/gratis merupakan peluang besar untuk menggali informasi berharga daripadanya. Database genom manusia sudah disepakati akan bersifat terbuka untuk seluruh kalangan, sehingga dapat digali/diketahui kandidat-kandidat gen yang memiliki potensi kedokteran/farmasi. Dari sinilah Indonesia dapat ikut berperan mengembangkan Bio Informatika. Kerjasama antara peneliti bioteknologi yang memahami makna biologis data tersebut dengan praktisi TI seperti programmer, dan sebagainya akan sangat berperan dalam kemajuan Bio Informatika Indonesia nantinya.
  2. Sebagai kajian yang masih baru, Indonesia seharusnya berperan aktif dalam mengembangkan Bio Informatika ini. Paling tidak, sebagai tempat tinggal lebih dari 300 suku bangsa yang berbeda akan menjadi sumber genom, karena besarnya variasi genetiknya. Belum lagi variasi species flora maupun fauna yang berlimpah. Memang ada sejumlah pakar yang telah mengikuti perkembangan Bio Informatika ini, misalnya para peneliti dalam Lembaga Biologi Molekul Eijkman. Mereka cukup berperan aktif dalam memanfaatkan kajian Bio Informatika. Bahkan, lembaga ini telah memberikan beberapa sumbangan cukup berarti, antara lain:
    1. Deteksi Kelainan Janin
    2. Pengembangan Vaksin Hepatitis B Rekombinan
    3. Meringankan Kelumpuhan dengan Rekayasa RNA

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: