Pengenalan Komputasi Modern

8 03 2011

Sebelum kita membahas komputasi modern, ada baiknya kita lebih dulu mengetahui sejarah komputasi. Sejarah komputasi dimulai dua teknologi yang terpisah yaitu
perhitungan otomatis dan permrograman tapi tidak ada satu perangkat yang dapat diidentifikasi sebagai komputer yang paling awal, sebagian karena penerapan yang tidak konsisten istilah tersebut.

Sebelum ditemukan komputer, ada beberapa alat mekanis yang memakai perhitungan. Alat-alat mekanis tersebut yakni sempoa, slide aturan dan agrueable astrolabe dan mekanisme antikythera (yang berasal dari sekitar 150-100 SM), jam benteng atau Castle Clock, dan alat tenun Jacquard.

Pada tahun 1837, Charles Babbage adalah orang pertama yang konsep dan desain mekanisnya dapat diprogram penuh komputer, mesin analitis. Babbage dengan keuangan yang terbatas dan ketidakmampuan untuk menolak mengotak-atik desain berarti bahwa perangkat tidak pernah selesai. Lalu pada akhir 1880-an, Herman Hollerith menemukan sebuah alat yang kini lebih dikenal dengan Punch Card. Skala besar pengolahan data otomatis dari Punch Card dilakukan tahun 1890 untuk sensus Amerika Serikat oleh perusahaan Hollerith, yang kemudian menjadi inti dari IBM. Pada akhir abad ke-19 sejumlah teknologi yang nantinya akan berguna dalam realisasi praktis komputer telah mulai
muncul: aljabar boolean, tabung vakum (thermionic valve), dan teleprinter.

Alan Turing secara luas dianggap sebagai bapak ilmu komputer modern. Pada tahun 1936, Alan Turing memberikan formalisasi berpengaruh konsep algoritma dan
perhitungan dengan mesin turing. Dari perannya dalam komputer modern, dia termasuk salah satu dari 100 orang paling berpengaruh dari abad ke-20, yang menyatakan : “kenyataan tetap bahwa setiap orang yang memakai keyboard seperti membuka spreadsheet atau program pengolah kata, adalah bekerja pada inkarnasi dari mesin turing.”

George Stibitz secara internasional diakui sebagai ayah dari komputer digital modern. Dia adalah orang pertama yang menggunakan sirkuit biner untuk melakukan operasi aritmatika. Kemudian ia menambahkan kecanggihan yang lebih besar termasuk aritmatika dan kemampuan pemrograman kompleks pada model yang dibuatnya.

Lalu, Konrad Zuse berhasil membangun komputer kerja pertama pada tahun 1941 dan kemudian pada tahun 1955, dia kembali berhasil membangun komputer pertama yang dapat melakukan penyimpanan yang bersifat magnetis.

Berikut ini adalah tabel perkembangan komputer dalam sejarah komputasi :

Hampir semua komputer modern mengimplementasikan beberapa bentuk dari arsitektur program yang tersimpan, sehingga sifat tunggal dengan mana kata “komputer” sekarang didefinisikan. Sementara teknologi yang digunakan pada komputer telah berubah secara dramatis sejak pertama elektronik, komputer tujuan umum dari tahun 1940-an, kebanyakan masih menggunakan arsitektur von Neumann.

Komputer yang menggunakan tabung vakum sebagai elemen-elemen elektronik digunakan sepanjang tahun 1950-an, tapi tahun 1960 sebagian besar telah digantikan oleh mesin berbasis transistor, yang lebih kecil, lebih cepat, lebih murah untuk menghasilkan, diperlukan lebih sedikit daya, dan lebih dapat diandalkan. Komputer transistorised pertama telah didemonstrasikan di University of Manchester pada tahun 1953. Pada 1970-an, teknologi rangkaian terpadu dan penciptaan selanjutnya mikroprosesor, seperti Intel 4004, menurun lebih lanjut ukuran dan biaya dan semakin meningkatkan kecepatan dan kehandalan komputer. Pada akhir 1970-an, banyak produk seperti video recorder berisi komputer khusus yang disebut Microcontrollers, dan mereka mulai muncul sebagai pengganti mekanik peralatan kontrol di dalam negeri seperti mesin cuci. 1980-an menyaksikan rumah komputer dan sekarang komputer pribadi di mana-mana. Dengan evolusi internet, komputer pribadi menjadi yang biasa seperti televisi dan telepon dalam rumah tangga. Smartphone modern sepenuhnya-programmable komputer dalam hak mereka sendiri, dan ketika tahun 2009 bisa jadi bentuk yang paling umum dari komputer tersebut ada.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: