Peluang Bisnis di Bidang TI

30 01 2011

Bisnis Informatika, menurut saya, yang paling memiliki peluang besar akhir-akhir ini ada di tiga bidang. Tiga bidang tersebut antara lain website / web application, 3d animation, dan game online. Mengapa demikian? Berikut alasannya :

1. Website atau web application.
Website (situs web), merupakan sebuah halaman dimana halaman tersebut dapat diakses dari seluruh dunia. Banyak manfaat yang dapat diambil dengan adanya situs web misalnya pemasangan iklan untuk meningkatkan penjualan produk, blog pengetahuan, meningkatkan popularitas, dan semacamnya.
Web Application, merupakan aplikasi yang dapat berjalan pada web dan dapat digunakan dari seluruh dunia. Berbeda dengan website konvensional yang hanya berupa informasi, web application adalah sebuah aplikasi bukan hanya sekedar halaman. Contoh web application yakni situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, dll. Pada situs-situs tersebut pengguna bisa menambah, memperbaharui, bahkan menghapus sendiri informasi tentangnya. Pengguna masih dapat menggunakannya untuk beriklan layaknya situs web biasa dan juga dapat bermain game online.

2. 3D Animation
Penggunaan animasi 3D akhir-akhir ini semakin marak, mulai dari game, film, bahkan iklan sekalipun kini mulai memanfaatkan teknologi 3D tersebut. Animasi 3D memiliki daya tarik tersediri yakni unik, lucu, dan menghibur. Banyak orang yang bilang game 3D lebih menarik dibandingkan game 2D. Begitu pula film dan iklan yang didalamnya terdapat unsur animasi 3D-nya. Namun, perkembangan 3D di Indonesia kurang begitu berkembang. Ini dikarenakan hardware dan software yang digunakan untuk membuat animasi 3D cenderung masih mahal ditambah lagi kurangnya para ahli 3D di Indonesia yang dapat mengajarkan para pemula dengan baik.

3. Game Online
Game online adalah sebuah game yang dapat dimainkan oleh seluruh manusia di seluruh dunia baik secara real-time atau tidak. Game online memungkinkan para pemain saling berinteraksi secara langsung. Ada sebuah fitur yang menarik dari game online yakni dapat menjual item atau fitur tambahan yang terdapat dalam game dengan uang asli yang beredar di dunia nyata. Selain itu, game online juga memberikan kesempatan para pemain untuk mencari pekerjaan sebagai joki atau penjual karakter bagus yang telah dibuatnya kepada pemain lain. Pemain game online ini juga tidak terikat umur, tempat tinggal, dan lain sebagainya. Jadi, bisnis game online adalah bisnis yang sangat menjanjikan baik untuk para pengembangnya maupun untuk para pemainnya.

Selain tiga hal di atas, sebenarnya masih banyak bisnis dalam bidang TI yang mempunyai peluang. Namun, sekali lagi menurut saya, ketiga hal tersebutlah yang memiliki peluang yang paling besar dibandingkan dengan bisnis TI yang lainnya khususnya dalam era globalisasi saat ini.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: