Belajar Menghitung Subnet Mask dalam Jaringan

2 11 2010

Kali ini kita akan mencoba untuk melakukan subnetting pada jaringan. Untuk IP Address yang kita pakai adalah yang IPv4 dengan kelas jaringan yaitu kelas C. Bayangkan bahwa Anda sedang mengatur jaringan pada jaringan nomor 195.168.1.0/24. Anda memerlukan jaringan area lokal yang akan menghubungkan beberapa workstation, server dan perangkat lainnya, dengan jumlah total lebih dari 80. Untuk membolehkan beberapa host yang kosong, Anda menetapkan jumlah host yang diperlukan untuk menjadi 90. Nah, sekarang saatnya penghitungan subnet mask dapat dimulai.

Langkah -langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut ini :

1. Pertama, pastikan jumlah bit terendah yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi 90 host. Dikarenakan bit-bit dalam jaringan dinyatakan dengan kelipatan 2, maka kita pilih kelipatan 2 yang terdekat dengan angka 90 yakni 128. Mengapa 128 bukannya 64? ini dikarenakan 64 lebih kecil dari 90 yang dapat berakibat nanti untuk beberapa host tidak dapat diidentifikasi. 128 bila didesimalkan akan menjadi 2 pangkat 7, maka angka 7 tersebut mengartikan bahwa bit-bit yang akan dipakai jaringan tersebut berjumlah 7. Ini juga berarti bahwa nanti bagian host mempunyai alamat IP pada 7 bit terakhir sedangkan bagian network harus berjumlah 25 bit pertama. Angka ini didapatkan dari pengurangan 32 (IPv4 = 32 bit) dengan 7 bit host.

2. Karena setiap angka 1 dalam subnet mask mengindikasikan bahwa bit yang sesuai pada alamat IP adalah milik bagian jaringan dan setiap angka 0 menunjukkan bahwa bit yang sesuai pada alamat IP adalah bagian dari host, subnet mask yang sesuai harus terdiri dari serangkaian angka 1 sebanyak 25 buah, diikuti oleh sederetan angka 0 sebanyak 7 buah. Ditulis dalam notasi desimal, subnet mask yang dapat diberikan adalah 255.255.255.128.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini :

Penjelasan :
Awalan jaringan yang asli adalah 24 bit (195.168.1.0/24) panjangnya, sedangkan untuk subnet mask-nya mempunyai panjang 25-bit. Dengan demikian, maka akan tersedia satu bit yang dapat digunakan untuk menunjuk subnet.


Aksi

Information

One response

8 04 2012
maseadi

masih bingung….
salam http://www.solutionsnews.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: