Mengganti Drive Letter Partisi Harddisk pada Microsoft Windows

29 06 2010

Mungkin Anda semua telah mengetahui tata cara penamaan drive partisi dari harddisk pada sistem operasi Microsoft Windows. Yap, benar sekali. Drive-drive partisi dari harddisk tersebut akan ditandai dengan huruf-huruf dari A-Z. Tetapi tahukah Anda bahwa kita dapat mengganti huruf untuk partisi dari huruf yang ditentukan oleh sistem dengan huruf yang lain secara manual? Bila Anda belum tahu, beginilah caranya.

Pada contoh ini, kita akan mengganti huruf E dari partisi Data dengan huruf G. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Klik kanan icon My Computer lalu pilih Manage. Anda dapat melakukannya dari Start Menu ataupun dari Windows Explorer.

2. Setelah itu, pada jendela Computer Management yang muncul pilihlah section Disk Management dari menu Storage. Perhatikan gambar di bawah ini!

3. Selanjutnya, pilihlah partisi Data lalu klik kanan. Pada menu pop-up yang muncul, pilihlah Change Drive Letter and Paths…

4. Setelah itu, pada jendela Change Drive Letter and Paths for E: (Data) yang muncul kliklah tombol Change untuk mengganti drive letter.

5. Pada jendela Change Drive Letter or Path, tepatnya pada pilihan Assign the following drive letter: kliklah menu dropdown-nya. Setelah itu, pilihlah huruf yang lain selain huruf E, misalnya huruf G. Lalu, klik tombol OK.

6. Bila muncul kotak konfirmasi, kliklah tombol Yes. Perhatikan gambar di bawah ini!

7. Maka secara otomatis, partisi Data tadi yang awalnya ditandai dengan huruf E kini diganti dengan huruf G.

8. Selesai.

Dengan demikian, berakhirlah seluruh proses penggantian drive letter untuk partisi harddisk pada sistem operasi Microsoft Windows. Akhir kata, semoga bermanfaat!


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: