Ripping CD PS1 Menggunakan Alcohol 52% Free Edition

28 06 2010

Anda pasti telah mengenal aplikasi Alcohol 120% yang dapat digunakan untuk menggandakan CD atau DVD yang diproteksi. Nah, aplikasi Alcohol 52% Free Edition adalah versi gratisnya. Aplikasi tersebut tidak mempunyai batasan apapun kecuali hanya dapat membuat 6 buah drive virtual. Sebagai perbandingan, untuk aplikasi Alcohol 120% memampukan Anda untuk dapat membuat 31 drive virtual. Tetapi, menurut saya 6 drive virtual saja sudah cukup mumpuni untuk dipakai sehari-hari.🙂

Selain itu, aplikasi ini hanya ditujukan untuk digunakan sendiri, bukan untuk komersial, dan hanya boleh digunakan oleh satu komputer rumah saja. Lisensi yang diberikan bersama aplikasi ini secara ekslusif ditujukan kepada Anda seorang saja dan untuk alasan itu Anda tidak diijinkan untuk menduplikasikannya untuk selanjutnya dijual, dipinjamkan, diberikan, disewakan, dan dikirimkan. Namun bagi Anda yang ingin mencobanya, dapat mengunduh versi terbaru dari Alcohol 52% Free Edition tersebut dari situs resminya di http://www.alcohol-soft.com.

OK, kembali ke inti permasalahan. Kali ini, kita akan mencoba menggunakan aplikasi ini untuk melakukan ripping CD PS1. Dengan cara ini kita dapat menghemat penggunaan drive CD/DVD serta kepingan CD PS1-nya agar tidak cepat rusak. Cara yang digunakan untuk melakukan ripping menggunakan aplikasi ini sama persis dengan cara yang digunakan pada versi retail-nya yaitu Alcohol 120%. Caranya yaitu :

1. Unduh dan pasanglah Alcohol 52% Free Edition dari http://www.alcohol-soft.com pada sistem Anda.

2. Setelah itu, bukalah aplikasi tersebut. Maka akan muncul tampilan seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

3. Setelah itu, pilihlah opsi Image Making Wizard pada menu Main yang terletak di sebelah kiri dari aplikasi dengan cara mengkliknya.

4. Selanjutnya, masukkan CD PS1 yang ingin di-rip atau dibuat image filenya. Pada contoh ini, saya menggunakan CD PS1 dari game Resident Evil 3 Nemesis buatan CAPCOM. Bila sudah, pada menu dropdown Datatype pilihlah Play Station. Klik tombol Next untuk melanjutkan.

5. Pada jendela yang muncul selanjutnya, tentukanlah lokasi penyimpanan image yang akan dibuat bersamaan dengan nama dan format file-nya. Pada contoh ini, saya akan menyimpannya pada drive E: dengan nama RE3 menggunakan format file mds.

6. Setelah itu, klik tombol Start untuk memulai proses ripping. Tunggulah sampai prosesnya selesai dilakukan.

7. Bila tidak terjadi kesalahan, maka proses pembuatan file image dari CD game PS1 tersebut telah berhasil dilakukan. Klik tombol Finish bila proses sudah selesai.

8. Bila proses ripping berhasil dilakukan maka pada jendela Alcohol 52% Free Edition akan muncul nama image file yang telah dibuat sebelumnya. Dalam hal ini adalah RE3. Perhatikan gambar di bawah ini!

9. Selanjutnya, Anda bisa mengambil image file-nya menggunakan Windows Explorer.

10. Sekarang saatnya untuk mengetes image file dari CD PS1 yang telah dibuat. Kita akan mengetesnya dengan cara melakukan mount image ke drive virtual. Caranya yaitu klik kanan pada image file-nya lalu pilih opsi Mount Image.

11. Bila image file tersebut benar-benar intact atau sama persis dengan CD PS1-nya tanpa ada kecacatan sama sekali, maka kita akan dapat melihat isi dari image file tersebut dari drive virtual. Pada contoh ini, drive virtual-nya terletak pada drive F:

12. Sekarang kita dapat memainkan game Resident Evil 3 Nemesis dari image file tersebut menggunakan sebuah emulator PS1 yaitu PSX-Fin tanpa khawatir drive CD/DVD yang sesungguhnya cepat rusak dan keping CD PS1-nya menjadi cacat.

Dengan demikian, berakhirlah seluruh proses pembuatan image file atau ripping CD PS1 menggunakan Alcohol 52% Free Edition. Akhir kata, selamat mencoba!


Aksi

Information

2 responses

18 01 2011
rizki the gamerz

gan, bsa pke yg portable ga?

30 01 2011
crystalforest

mungkin bisa, tapi belum gw coba😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: