Mengkonversi PDF ke Word Menggunakan AnyBizSoft PDF to Word

10 06 2010

AnyBizSoft PDF to Word adalah sebuah aplikasi gratis yang dapat melakukan konversi file PDF ke format file Word. Anda dapat mengunduhnya dari situs http://www.anypdftools.com/pdf-to-word-get-keycode.html.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa format file Word output-nya ini tergantung dari versi Microsoft Office Word yang terpasang di komputer. Jika versi Microsoft Office Word yang terpasang adalah 2003 ke bawah maka format Word output-nya adalah *.doc. Sedangkan, jika versi yang terpasang adalah 2007 atau 2010 maka format Word output-nya adalah *.docx.

Dengan kata lain, aplikasi tersebut membutuhkan Microsoft Office Word sebagai dependensinya. Ini tentunya bukanlah suatu masalah, bukan?🙂

Setelah mengetahui secara singkat tentang aplikasi tersebut, maka sekarang saatnya untuk meng-gunakannya. Langkah-langkah menggunakannya cukup mudah yaitu :

1. Unduh dan pasang aplikasi tersebut di komputer seperti biasa.

2. Setelah berhasil dipasang, lalu jalankan aplikasi tersebut. Maka akan muncul jendela untuk melakukan register aplikasi. Untuk saat ini acuhkan saja. Hal ini dilakukan untuk melihat perbedaan hasil dari penggunaan aplikasi saat sebelum dan sesudah dilakukan register.

3. Setelah itu, cobalah lakukan konversi file PDF. Kali ini kita akan menggunakan salah satu file dokumentasi dari aplikasi Lazarus yang berjumlah 6 halaman.

4. Dikarenakan aplikasi ini belum di-register maka akan muncul kotak pesan peringatan yang intinya maksimal hanya 3 halaman saja yang akan dikonversi dari file PDF tersebut.

5. Klik tombol OK pada kotak pesan tersebut. Lalu, klik tombol Convert untuk memulai pengkonversian. Tunggu sampai prosesnya selesai.

6. Bila prosesnya telah selesai, maka akan muncul kotak pesan yang menginformasikan bahwa pengkonversian telah selesai.

7. Setelah itu, Anda dapat membuka file Word output-nya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa aplikasi ini belum di-register maka halaman yang dikonversi ke Word hanya 3 buah saja ditambah 1 halaman dimana halaman tersebut berisi pesan dari pembuat aplikasi tersebut kepada pengguna untuk segera me-register aplikasi ini.

8. Untuk meregister aplikasi ini cukup mudah yaitu hanya dengan mengisi Licensed e-mail dan Registration code pada jendela Register. Untuk mendapatkannya caranya mudah sekali yaitu dengan mengisi form First Name, Last Name, dan E-mail. First Name dan Last Name, isilah dengan nama Anda. Sedangkan E-mail, isilah alamat email Anda yang valid karena Registration code-nya akan dikirim ke email tersebut. Setelah itu, akhiri dengan menekan tombol Send me Keycode. Namun, semua itu hanya bisa dilakukan pada situs resminya di http://www.anypdftools.com/pdf-to-word-get-keycode.html.

9. Setelah Licensed e-mail dan Registration Code telah didapatkan maka selanjutnya masukan kedua hal tersebut ke dalam form-nya masing-masing pada jendela Register. Terakhir, tekan tombol Register. Jika kedua hal tersebut tadi yaitu Licensed e-mail dan Registration code telah dimasukkan dengan benar, maka akan muncul kotak pesan yang menginformasikan bahwa peregisteran telah berhasil dilakukan dan jendela Register akan berubah menjadi seperti gambar di bawah ini.

Catatan : Alamat email pada Licensed e-mail di atas sebenarnya dapat diisi apa saja karena tidak berpengaruh apa-apa. Yang berpengaruh hanyalah kode yang dimasukkan pada form Registration code saja.

10. Setelah dilakukan register, maka aplikasi tersebut kini dapat melakukan konversi ke Word sebanyak halaman yang terdapat pada file PDF-nya. Seharusnya, kali ini seluruh halaman dari file PDF dokumentasi aplikasi Lazarus telah dapat dikonversi. Perhatikan gambar di bawah ini!

Dengan demikian, berakhirlah seluruh rangkaian langkah demi langkah dalam menggunakan aplikasi AnyBizSoft PDF to Word ditambah dengan cara untuk melakukan register aplikasi tersebut pada kesempatan kali ini.

Akhir kata, selamat mencoba!


Aksi

Information

One response

13 06 2010
ariesre

manteb sob,,nice info

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: