Mengenal Fungsi Enkripsi Data pada MySQL

6 04 2010

Enkripsi adalah suatu proses pengacakan data agar data tersebut tidak dapat dibaca oleh orang yang tidak berhak. ada beberapa metode enkripsi pada MySQL yaitu password, encrypt, md5, dan encode. Keempat metode enkripsi tersebut mempunyai metode pengacakan sendiri-sendiri. Pada praktek kali ini, kita hanya akan melakukan proses pengenkripsian data pada MySQL menggunakan password, md5, dan encode saja. Sedangkan untuk encrypt, mungkin akan kita sambung di lain hari saja, ya!🙂

Sebelum kita melakukan pengenkripsian data, seperti biasa hal yang perlu kita lakukan lebih dahulu adalah membuat tabel yang akan kita gunakan. Pada praktek kali ini, tabel akan kita gunakan adalah tabel login dalam database test. Tabel login ini mempunyai dua buah attribut yaitu username dan password. Atribut username dan password ini kita tentukan tipe datanya yaitu karakter dengan Nullity sama dengan not null. Namun untuk panjang karakternya agak sedikit berbeda. Untuk username panjang karakternya sama dengan 20 dan untuk password panjang karakternya sama dengan 32.

Langkah-langkah pembuatan tabel login tersebut adalah seperti di bawah ini:

1. Masuklah ke aplikasi MySQL sebagai user root. Selanjutnya, ketikkan perintah show databases; untuk melihat database-database yang telah ada sebelumnya dalam aplikasi MySQL. Terlihat di sana, ada sebuah database bernama test. Oleh karena pada praktek ini kita akan memakai database tersebut, maka selanjutnya ketikkan perintah use test; untuk menggunakan database test. Setelah itu, ketikkan perintah show tables; untuk melihat keseluruhan tabel yang telah ada sebelumnya pada database tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini!

2. Selanjutnya, kita buat sebuah tabel baru bernama login. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kita akan membuat tabel login ini dengan atribut username dan password memakai tipe data karakter, not null, dan panjang karakternya untuk masing-masing atribut adalah 20 dan 32. Perhatikan gambar di bawah ini!

3. Setelah itu, masukkan sebuah data ke dalam tabel tersebut. Pada praktek ini, kita akan memasukkan data untuk username dengan romtoni1 dan password dengan prak4. Pada saat memasukkan data ke field password, kali ini kita akan menggunakan fungsi enkripsi password. Jadi, perintah untuk melakukan hal tersebut adalah insert into login(username, password) values (‘romtoni1’, password(‘prak4’)); Setelah itu, ketikkan perintah select * from login; untuk melihat data yang telah dimasukkan ke tabel login tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini!

4. Selanjutnya, kita lakukan kembali hal yang sama seperti langkah ketiga tadi. Namun untuk pemasukan field password, kali ini kita akan memakai fungsi enkripsi md5. Jadi, perintah untuk melakukannya adalah insert into login(username, password) values (‘romtoni1’, md5(‘prak4’)); Perhatikan gambar berikut ini!

5. Setelah itu, kita akan melakukan pengisian data pada tabel login tersebut satu kali lagi. Kita akan melakukan pengisian tabel tersebut menggunakan data berikut. Untuk field username kita isi kembali dengan romtoni1. Sedangkan, field password kita isi dengan prak4 ditambah xmalang. Kata xmalang ini digunakan sebagai parameter kedua dari fungsi encode. Parameter pertamanya tentu saja prak4. Jadi, perintah untuk melakukannya pada langkah ini yaitu insert into login(username, password) values (‘romtoni1’, encode(‘prak4’, ‘xmalang’)); Perhatikan gambar di bawah ini!

Anda dapat mengambil kesimpulan sendiri tentang metode pengenkripsian data pada MySQL dari contoh-contoh di atas. Akhir kata, selamat mencoba!


Aksi

Information

3 responses

9 03 2011
siman

enkripsi di java ada gag kak?

17 03 2011
crystalforest

klo enkripsi di Java saya kurang tau, mungkin situs ini bisa membantu..😀
http://yasinisasi.wordpress.com/2008/04/21/program-enkripsi-caesar-chiper/

19 04 2011
story

kl enkripsi nya di backupan mysql nya gimna?

jadi data2 yang ada di backupan mysql (file dot sql) nya terenkripsi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: