Cara Mengimpor Mesh OGRE ke Blender

6 04 2010

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa file mesh adalah format untuk model 3D yang dapat digunakan untuk aplikasi Ogre. Kita dapat memperoleh file mesh tersebut dengan cara melakukan konversi file 3D dari aplikasi Blender. Namun dikarenakan oleh sesuatu hal, kita menginginkan agar model mesh tersebut untuk dapat dibuka kembali oleh aplikasi Blender. Satu-satunya cara agar file mesh tersebut dapat dibuka oleh Blender adalah dengan cara mengimpornya.

Pada waktu yang lalu, kita telah mempraktekkan cara mengekspor file Blender ke format *.mesh OGRE. Nah, kali ini kita akan melakukan hal sebaliknya yaitu mencoba mempraktekkan cara mengimpor *.mesh OGRE ke Blender. Ingat, semua yang ada di dunia ini pasti selalu berpasangan. Jangan khawatir, ya! Lho?🙂

OK. Untuk melakukan proses pengimporan *.mesh OGRE tersebut, kita membutuhkan sebuah skrip Python yang bernama ogre_import.py. Anda dapat memperoleh skrip tersebut pada situs yang sama yang menyediakan utilitas OgreExporter untuk Blender. Langkah-langkah untuk melakukan proses tersebut adalah sebagai berikut ini :

1. Pindahkan skrip ogre_import.py ke direktori .blender\scripts pada sistem Anda.

2. Setelah itu, konversi dahulu file mesh OGRE ke format xml-nya (*.mesh.xml). Ini di-lakukan karena file mesh untuk OGRE sudah dalam bentuk binary (bahasa mesin) yang siap untuk dieksekusi oleh OGRE. Sedangkan, format *.mesh.xml adalah versi “mentah”-nya dan masih bisa diutak-atik. Hal ini juga dilakukan karena skrip ogre_import.py hanya dapat membuka format *.mesh.xml tersebut. Anda bisa melakukan pengkonversian tersebut menggunakan aplikasi OgreXMLConverter. Aplikasi ini bersifat “amfoter” yang artinya mempunyai dua sifat/fungsi yang saling bertolak belakang. Jadi, intinya aplikasi tersebut mempunyai dua fungsi yaitu untuk mengkonversi file *.mesh.xml ke *.mesh dan begitu juga sebaliknya. Pada contoh kali ini, kita akan mengkonversikan model RZR-002.mesh dengan perintah ogrexmlconverter RZR-002.mesh dari Command Prompt.

3. Selanjutnya, Anda akan mendapati file RZR-002.mesh.xml di direktori yang sama dengan file sumbernya yaitu RZR-002.mesh.

4. Setelah itu, bukalah aplikasi Blender Anda. Hapus saja model kubus yang secara default muncul setiap kali aplikasi Blender tersebut dibuka.

5. Lalu, klik menu File >> Import >> OGRE (.mesh.xml) untuk membuka jendela Ogre Importer. Perhatikan gambar di bawah ini!

6. Selanjutnya, kita pilih file RZR-002.mesh.xml yang telah didapatkan tadi. Setelah itu, klik tombol Import OGRE.

7. Maka seketika itu pula, model RZR-002 tersebut akan segera dibuka oleh aplikasi Blender. Perhatikanlah gambar di bawah ini!

Dengan demikian, selesailah sudah proses pengimporan mesh OGRE ke dalam aplikasi Blender pada praktek kali ini. Akhir kata, selamat mencoba!


Aksi

Information

One response

2 12 2010
bu~dhy

menarik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: