Cara Mengkonversi Objek Blender Menjadi Mesh dan Skeleton untuk OGRE

29 03 2010

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, OGRE adalah salah satu aplikasi yang ditujukan untuk membuat game alias game engine. Sebagai ilustrasi, Anda bisa melihat screenshot dari video demo penggunaan OGRE sebagai game engine di bawah ini. Karakter yang ada pada screenshot tersebut adalah Sinbad OGRE, yang tidak lain adalah maskot resmi untuk game engine ini.

Untuk OGRE, semua objek yang digunakan untuk pembuatan game terletak pada direktori models pada direktori instalasi OgreSDK. Objek-objek yang dapat digunakan oleh OGRE haruslah berbentuk mesh dan skeleton. Kasarnya, mesh adalah bentuk objek yang dapat ditampilkan pada aplikasi OGRE. Sedangkan skeleton adalah penggerak untuk objek mesh tersebut. Bila dianalogi-kan, mirip dengan daging dan tulang yang terdapat pada makhluk hidup.

Kita dapat memperoleh objek mesh dan skeleton tersebut dengan cara mengkonversi file-file dari aplikasi pembuat model 3D seperti Autodesk 3D Studio MAX, Milkshape, Blender, dan lain-lain. Namun pada contoh kali ini, kita hanya akan mempraktekkan cara mengkonversi file Blender yaitu *.blend menjadi *.mesh dan *.skeleton lengkap dengan tekstur yang dimiliki.

Sebelum kita beranjak pada langkah-langkah pengkonversiannya, persiapkanlah dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan. Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pengkonversian tersebut adalah sebagai berikut :

-> Blender.
-> Python.
-> BlenderExport.
-> OgreCommandLineTools.
-> CeguiMeshViewer.

Setelah kita mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan, maka selanjutnya kita dapat lanjut ke langkah-langkah pengkonversiannya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pasanglah aplikasi Blender dan Python pada sistem Anda. Sebaiknya, aplikasi Python yang dipasang lebih dulu baru kemudian Blender. Ini dilakukan agar nantinya Blender dapat menggunakan Python untuk menangani skrip tambahan selain yang sudah built-in pada aplikasi Blender. Anda akan mendapatkan pesan berikut ini jika Blender telah “menyatu” dengan Python pada jendela Command Prompt saat Anda menjalankan aplikasi Blender.

2. Selanjutnya, ekstraklah file BlenderExport ke sebuah tempat. Anda akan mendapati sebuah skrip Python yaitu ogremeshesexporter.py dan dua buah direktori yakni ogrepkg dan ogrehelp. Setelah diekstrak, pindahkan seluruh hasil ekstrakan tersebut ke direktori .blender\scripts. Bila Anda memasang aplikasi Blender secara default, dalam contoh ini Blender versi 2.49b, maka direktori tersebut akan berada pada direktori C:\Documents and Settings\nama-user\Application Data\Blender Foundation\Blender. Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah gambar di bawah ini!

3. Setelah itu, pasanglah OgreCommandLineTools pada sistem Anda. Aplikasi ini terdiri atas OgreXmlConverter, OgreMeshUpgrade, OgreMaterialUpgrade, dan MeshMagick. Pada contoh kali ini, kita hanya akan menggunakan OgreXmlConverter saja. Aplikasi ini kita kita gunakan untuk mengkonversi file mentah mesh dan skeleton yang masih berupa skrip xml (*.mesh.xml dan *.skeleton.xml) menjadi bentuk biner-nya. Jadi, aplikasi ini akan meneruskan kinerja dari skrip ogremeshesexporter.py yang digunakan untuk mengkonversi format file *.blend menjadi *.mesh.xml dan *.skeleton.xml dari aplikasi Blender sebelumnya.

4. Selanjutnya, bukalah file *.blend yang Anda miliki menggunakan aplikasi Blender. Pada contoh kali ini, kita akan memakai file sonic_heroes_model-rigged.blend. Anda bisa mencari model lain di http://e2-productions.com/repository

5. Secara default, model Sonic ini tidak memiliki tekstur dan warna. Mungkin ini adalah kebijakan si pembuat model atau hal yang lainnya, tapi yang jelas saya mendapatkan model Sonic ini dalam keadaan seperti itu. T_T. Tanpa berkecil hati, saya akan mengubah model Sonic tanpa tekstur dan warna ini menjadi model Super Sonic. Sekedar info, Super Sonic adalah karakter Sonic dengan kekuatan super yang ditandai dengan warna kuning di sekujur tubuhnya. Perhatikanlah gambar karakter Super Sonic di bawah ini!

6. Kembali ke inti masalah. Kita akan mewarnai model Sonic tersebut langsung pada mesh-nya. Caranya ialah seleksi mesh yang ingin diwarnai, dalam hal ini mesh untuk kepala Sonic, dengan menekan tombol kanan mouse (pengaturan default). Anda harus menyeleksi mesh tersebut dalam Object Mode. Klik tombol ME pada panel Link to Object lalu klik tombol Col dan ketikkan kode EEFF00 pada jendela warna tersebut. Kode ini akan membuat warna mesh yang dihasilkan akan menjadi kuning.

7. Tekan tombol Enter pada keyboard untuk menerapkan pengaturan tersebut. Anda akan mendapati kepala Sonic kini telah berubah menjadi kuning. Terapkanlah cara mewarnai mesh tersebut pada mesh-mesh sisanya. Oiya, ketentuan warnanya sebagai berikut :
Badan : kuning (EEFF00)
Telapak tangan : putih (FFFFFF)
Mata : hitam (000000)

8. Setelah kita beri warna semua mesh-nya, maka selanjutnya kita akan melakukan peng-gabungan mesh-mesh tersebut agar menjadi satu kesatuan. Ini dilakukan agar model Sonic yang telah menjadi Super Sonic tersebut nantinya dapat diekspor menjadi satu mesh dan satu skeleton saja. Oiya, skeleton ini baru bisa didapatkan bersama objek mesh saat pengkonversian jika model tersebut telah mempunyai Bone atau Armature. Cara untuk menggabungkannya tersebut yaitu dengan cara menekan tombol Shift+klik kanan pada mesh-mesh yang ingin digabung. Setelah itu, tekan tombol CTRL+J pada keyboard atau klik menu Object pilih Join Objects. Bila muncul pertanyaan konfirmasi, klik Join Selected Meshes untuk segera melakukan penggabungan mesh.

9. Setelah digabung, saatnya kita untuk melakukan pengkonversiannya. Caranya mudah yaitu klik menu File >> Export >> OGRE Meshes.

10. Pada jendela OGRE Meshes tersebut, lakukanlah pengecekan pada dropdown Selected untuk memastikan bahwa mesh yang terseleksi tersebut hanya ada satu. Ini menandakan bahwa penggabungan mesh telah berhasil secara sempurna.

11. Selanjutnya, klik tombol OgreXMLConverter kemudian klik tombol Preferences.

12.Pada jendela Preferences ini, kita klik tombol Manual untuk menentukan sendiri dimana aplikasi OgreXmlConverter berada. Dalam contoh kali ini, aplikasi tersebut berada pada direktori C:\OgreCommandLineTools\. Klik aplikasi tersebut untuk menyeleksinya. Selanjutnya, klik tombol Select Converter untuk menerapkan penyeleksian konverter yang akan kita gunakan tersebut.

13. Kembali ke jendela OGRE Meshes. Pada jendela tersebut, kita klik tombol Export. Namun sebelumnya, pastikan kita telah mengklik tombol Copy Texture, Rendering Engine, Fix Up Axis to Y, Require Materials, dan Skeleton name follow mesh.

14. Maka seketika itu pula akan dilakukan pengkonversian. Tekan tombol OK untuk menyudahi proses pengkonversian tersebut. Bila Anda mendapati pesan Warning bla..bla..bla.. saat pengkonversian tersebut, janganlah khawatir karena objek mesh dan skeleton akan tetap Anda dapatkan. Pesan warning tersebut hanya ingin menginformasikan bahwa objek hasil pengkonversian akan nampak seperti yang terlihat pada jendela Edit Mode. Pesan warning juga akan muncul, jika tekstur yang digunakan pada model tidak ditemukan.

15.Secara default, objek mesh dan skeleton hasil pengkonversian akan berada pada lokasi dimana file blender sumbernya berada. Pada contoh ini, kita dapat menemukan mereka pada direktori E:\blog. Untuk dapat melihat objek hasil pengkonversian tersebut, kita membutuhkan sebuah aplikasi tambahan. Aplikasi itu ialah CeguiMeshViewer. Dari namanya saja kita telah dapat mengetahui kegunaannya yaitu melihat objek mesh hasil konversi. Bagaimana untuk skeletonnya? Tenang, secara default skeleton akan langsung di-embed oleh mesh yang bersangkutan.

16. Setelah aplikasi tersebut berhasil dipasang, kita dapat segera melihat objek mesh Super Sonic tersebut dengan cara klik kanan pada objek mesh lalu pilih CeguiMeshViewer. Kita dapat memilih pustaka grafis yang akan digunakan pada tahap ini. Sebagai contoh, kali ini kita akan menggunakan pustaka OpenGL.

17. Maka seketika itu pula akan ditampilkan objek mesh Super Sonic dalam bentuk aslinya. Anda dapat memutar objek tersebut dengan menggunakan klik kiri mouse lalu drag kemana pun yang Anda suka. Untuk memindahkannya, Anda dapat menggunakan klik kanan mouse lalu drag. Perhatikanlah gambar berikut ini!

Dengan demikian, berakhirlah sudah seluruh langkah-langkah dalam hal pengkonversian file Blender (*.blend) ke objek *.mesh dan *.skeleton beserta teksturnya (bila ada). Hasilnya bagus sekali, bukan? Anda dapat menggunakan cara-cara di atas untuk mengkonversi file blender ke objek mesh dan skeleton yang lainnya. Akhir kata, selamat mencoba!


Aksi

Information

11 responses

11 04 2010
wildani

terima kasih atas ilmunya…sangat berguna😀

12 04 2010
Leo

Saya uda ikutin tutorial diatas…kok object pas di jalanin di ogrenya hanya berwarna putih aja..kenapa ya kira2

18 04 2010
crystalforest

mungkin gambar tekstur-nya (bila ada) belum dikopi ke C:\OgreSDK\media\materials\textures dan mungkin juga script *.material hasil konversi ke mesh ogre-nya (default-nya scene.material) belum dikopi juga ke C:\OgreSDK\media\materials\script.

atau klo gak ada gambar teksturnya, coba aja lu warnain meshnya diblender. caranya bisa diliat di sini. abis itu, lu konvert trus lu pindahin deh script scene.material-nya ke tempat C:\OgreSDK\media\materials\scripts. klo berwarna, berarti berhasil.

22 04 2010
dieyou

nice blog, especially for the ogre section🙂
i think OGRE 3D isnt a complete game engine (i still use sogoth)
it just the graphic rendering engine
by default it has input system OIS ,ODE as a physic library and ceGUI for building the default GUI

i need to integrate openAL for the sound and etc,

but duno in the new Chutga version, heheh….

23 04 2010
crystalforest

thanks, but i am just 9 week being known the OGRE. For college’s task exactly. Personally, i think OGRE is potential to be greater at the future. For OIS, ODE, and CEGUI, i haven’t to try those thing … 🙂

25 04 2010
dieyou

good jobs dude,
yups it has a great potential in the future,
someday u can use it for your final exam😛

lanjut gan, hahahaha :))

18 03 2011
irfan

gan ane mnt tolong donk
share ttg cara pembuatan animasi + source code /codingnya donk di ogre
help me please

5 04 2011
rudy

Mas ko di blender saya gak ada File >> Export >> OGRE Meshes.
terus bagaimana mas cara ?
klo ada converternya tolong Link’a
terimah kasih

7 03 2012
tono maryono

selamat malam MYFRIEND!!! Tolong y POstnya Untuk 3DMilkShape Karena saya Punyanya MilkShape hehehe Dan Aku Sangat Tertarik Dengan Kreasi kamu Semoga Game Indonesia Lebih Baik

16 04 2012
Love_Earth21

Permisi, mau nanya, objek.material sama objek.meshnya udah ada, trus klik kanan pilh CeguiMeshViewer, tapi kok masih gk muncul ya objeknya?

15 08 2012
Agam TrueBlue

baru pertama kali belajar blender😀 thx yah ilmunya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: