Menambah User Account Beserta Kewenangannya Menggunakan MySQL

17 03 2010

MySQL adalah suatu aplikasi pengolah database yang sangat terkenal. Aplikasi ini tergolong free software. Pada praktek kali ini, kita akan membuat sebuah user account baru beserta kewenangannya menggunakan MySQL. Kali ini saya akan menggunakan MySQL versi 5.0 yang dibundel dalam software AppServ yang dapat diunduh pada situs http://www.appservnetwork.com. OK, langkah-langkahnya yaitu:

1. Bukalah Command Prompt lalu login sebagai root ke dalam MySQL menggunakan perintah mysql –u root –p. Setelah itu, masukkan password untuk user root-nya bila ada.

Catatan : Perintah yang dituliskan sebelum mysql –u root –p di atas disebut batch command. Layaknya batch file, perintah-perintah tersebut akan dijalankan secara berurutan. Dalam hal ini, pertama kali yang akan kita jalankan adalah perintah cd\ untuk berpindah ke root drive. Selanjutnya, kita menjalankan perintah cd appserv\mysql\bin untuk masuk ke direktori bin dari MySQL. Terakhir, baru kita dapat menjalankan perintah mysql –u root –p untuk masuk ke dalam MySQL menggunakan user root.

2. Lalu, ketikkan perintah show databases; untuk melihat database-database yang ada dalam aplikasi MySQL tersebut.

3. Karena kita ingin membuat user account yang baru, maka kita harus menggunakan database mysql. Ketikkan perintah use mysql; untuk dapat menggunakannya.

4. Setelah itu, ketikkan perintah show tables; untuk menampilkan tabel-tabel yang ada pada database mysql tersebut.

5. Terlihat di sana ada sebuah tabel yang bernama user. Nah, pada tabel itulah keseluruhan user account dari aplikasi MySQL tersimpan. Kita dapat mendeskripsikan tabel user tersebut untuk melihat field-field apa saja yang dapat diisi menggunakan perintah desc user;

6. Terlihat di sana ada banyak sekali field-field yang dapat diisi. Akan tetapi, pada praktek kali ini, kita hanya akan mengisi field-field Host, User, dan Password saja untuk menambahkan user account yang baru. Namun sebelum kita menambahkan user account yang baru, alangkah baiknya kita ketikkan dahulu perintah select host, user, password from user; untuk melihat user account siapa saja yang telah ada sebelumnya.

7. Terlihat di sana, baru hanya ada tiga user account yang terdaftar pada aplikasi MySQL ter-sebut yakni root, blackgf, dan romtoni. Sekarang saatnya kita untuk menambahkan user account baru dengan ketentuan host=localhost, user=alessio, dan password=frost menggunakan perintah insert into user(host,user,password) values (‘localhost’, ’alessio’,password(‘frost’)); Bila tidak terjadi kesalahan, maka user account alessio akan segera dibuat. Kita dapat menyeleksi kembali tabel tersebut agar lebih yakin.

8. Yap, pembuatan user account yang baru telah selesai. Sekarang kita akan mengatur kewenangannya dalam pengelolaan database. Pada praktek kali ini, kita hanya akan memberi kewenangan pada user alessio yaitu hanya dapat menyeleksi dan memasukkan data saja dari tabel mhs pada database test. Ketikkan perintah use test; untuk dapat menggunakan database test tersebut. Setelah itu, ketikkan perintah show tables; untuk melihat tabel-tabel yang terdapat pada database tersebut.

9. Oiya, dikarenakan tabel mhs-nya masih kosong maka kita harus mengisinya lebih dahulu. Kali ini kita mengisi tabel mhs tersebut menggunakan user root. Field-field yang ada pada tabel mhs tersebut adalah npm, nama, dan kelas. Kita akan mengisi tabel mhs tersebut dengan ketentuan yaitu npm=50407759, nama=romtoni, kelas=3ia12 menggunakan perintah insert into mhs(npm, nama, kelas) values (‘50407759’,’romtoni’,’3ia12’); Bila telah diisi, kita dapat menampilkan seluruh isinya menggunakan perintah select * from mhs;

10. Sekarang saatnya untuk mencoba login ke dalam aplikasi MySQL dengan user alessio. Namun sebelumnya, kita harus logout dahulu dari aplikasi MySQL sebagai user root. Ketikkan perintah exit untuk logout. Setelah itu, ketikkan perintah mysql –u alessio –p dan masukkan password-nya untuk login sebagai user alessio ke dalam MySQL.

11. Ups, error! Ini dapat terjadi dikarenakan kita belum melakukan apa yang disebut flush privileges yang mengizinkan user account baru untuk login ke dalam aplikasi MySQL. Kita dapat melakukan hal tersebut hanya dari user account root. Oleh karena itu, loginlah kembali ke dalam MySQL sebagai root dan ketikkan perintah flush privileges;

12. Setelah itu, loginlah kembali sebagai alessio. Pasti kali ini kita telah dapat login ke dalam MySQL. Selanjutnya, kita ketikkan perintah show databases; untuk melihat database apa saja yang ada.

13. Kita akan mendapati bahwa yang terlihat di sana hanya database information_schema. Mengapa yang terjadi demikian? Ini dikarenakan kita belum memberikan kewenangan pada alessio untuk menyeleksi tabel mhs dari database test. Pemberian kewenangan tersebut hanya dapat dilakukan oleh user root saja. Jadi untuk dapat melakukannya, kita harus login ke MySQL sebagai root dan ketikkan perintah grant select on test.mhs to ‘alessio’@’localhost’. Bila tidak terjadi kesalahan, maka user alessio sekarang telah dapat melakukan penyeleksian data dari tabel mhs pada database test.

14. Setelah itu, cobalah login kembali sebagai alessio dan ketikkan show databases; sekali lagi. Pasti sekarang kita telah dapat melihat database test. Lalu, lakukanlah penyeleksian data dari tabel mhs pada database test tersebut.

15. Selanjutnya, lakukanlah pemasukkan data ke tabel tersebut menggunakan user alessio. Pasti akan gagal. Mengapa terjadi demikian? Ini dikarenakan kita belum memberikan kewenangan kepada alessio untuk melakukan pemasukkan data ke tabel tersebut.

16. Seperti halnya saat kita melakukan pemberian kewenangan untuk menyeleksi sebelumnya, kita harus login sebagai root bila ingin melakukannya. Ketikkan perintah grant insert on test.mhs to ‘alessio’@’localhost’; Bila tidak terjadi kesalahan, maka user alessio sekarang telah dapat melakukan pemasukkan data ke tabel mhs pada database test.

17. Setelah itu, loginlah kembali sebagai user alessio ke dalam MySQL. Lalu, ketikkan perintah use test; untuk menggunakan database test. Selanjutnya, lakukanlah pemasukkan data ke dalam tabel mhs dengan ketentuan npm=50407272, nama=didin, kelas=3ia12 menggunakan perintah insert into mhs(npm,nama,kelas) values (‘50407272’,’didin’,’3ia12’); Seharusnya, data tersebut telah masuk ke dalam tabel tersebut. Untuk lebih yakinnya, ketikkan saja perintah select * from mhs;

Dengan demikianlah, selesailah sudah penambahan user account beserta kewenangannya menggunakan MySQL pada praktek kali ini. Semoga bermanfaat!


Aksi

Information

One response

17 03 2010
Itsna Hikmatul Maula

Hey….
Linkmu dah Q pasang nich. SIlahkan pasang kembali yach

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: