Menggunakan Format Kompresi XZ di Sabily 9.04

9 03 2010

XZ adalah algoritma kompresi data terbaru berbasis LZMA2 yang datang dengan kemampuan kompresi yang tinggi. Bahkan beberapa distro GNU/Linux terbaru telah menyertakan XZ untuk kompresi dan dekompresi file pada package management-nya.

Secara default, distro Sabily 9.04 tidak menyertakan program XZ ini. Akan tetapi, kita masih dapat menggunakannya dengan cara menginstalasinya secara mandiri lewat versi source code.

Langkah-langkah penginstalasiannya adalah sebagai berikut :

1. Unduhlah source code xz-utils dari situs http://tukaani.org/xz. Pada contoh ini, saya meng-unduh file xz-4.999.9beta.tar.bz2.

2. Setelah itu, ekstraklah file tersebut menggunakan perintah tar jxvf xz-4.999.9beta.tar.bz2. Maka seketika itu pula, file xz-4.999.9beta.tar.bz2 akan diekstrak.

3. Selanjutnya, masuklah ke direktori hasil ekstraksi dengan perintah cd xz-4.999.9beta. Lalu, ketikkan perintah ./configure untuk mengecek dependensi yang dibutuhkan XZ.

4. Bila tidak terdapat pesan kesalahan, selanjutnya ketikkan perintah make agar segera meng-kompilasi source code XZ tersebut.

5. Lalu, login-lah sebagai root dengan perintah sudo su. Setelah itu, ketikkan perintah make install untuk menginstalasi XZ yang telah dikompilasi tadi.

6. Terakhir, teslah program XZ dengan perintah xz. Bila Anda mendapati pesan kesalahan xz : Compressed data not written bla..bla..bla.. maka program XZ telah berhasil diinstalasi.

Setelah program XZ tersebut berhasil diinstalasi, maka sekarang saatnya kita untuk mencoba menggunakannya. Kita dapat menggunakan perintah xz nama-file-yg-akan-dikompres untuk mengkompres file. Nantinya, file yang akan dikompres tersebut ditambahkan sebuah ekstensi xz dibelakangnya. Sebagai contoh, saya akan mencoba mengkompres file iso Ubuntu 9.10 berukuran sekitar 690 MB menggunakan perintah xz ubuntu-9.10-desktop-i386.iso. Ukuran file iso yang didapat setelah pengkompresan berkurang menjadi 676.5 MB.

Sedangkan untuk mengekstrak file yang telah dikompres tersebut, gunakanlah perintah xz -d nama-file-yg-akan-diekstrak.xz. Sebagai contoh, kita akan melakukan pengekstrakan file ubuntu-9.10-desktop-i386.iso.xz tadi menggunakan perintah xz -d ubuntu-9.10-desktop-i386.iso.xz.

Catatan : Bila Anda menggunakan program XZ ini untuk mengkompres file, maka secara default file aslinya tidak dapat ditemukan lagi.

Akhir kata, semoga bermanfaat!


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: