Ripping DVD Film Menggunakan Aplikasi Avidemux

22 02 2010

Avidemux adalah sebuah aplikasi yang cukup powerful dalam hal melakukan editing, encoding, dan filtering video. Aplikasi ini bersifat gratis dan berlisensi GPL. Avidemux tersedia untuk sistem operasi GNU/Linux, Microsoft Windows, Mac OS X, dan berbagai varian BSD. Aplikasi ini mendukung banyak format file multimedia seperti AVI, MKV, MP4, DVD, VCD, dan masih banyak lagi lainnya.

Pada tutorial kali ini, kita akan mempraktekkan cara untuk mengkonversi film dari kepingan DVD ke format multimedia lainnya, misalnya AVI, di dalam harddisk atau yang lebih dikenal dengan istilah Ripping DVD menggunakan aplikasi Avidemux. Oiya, Pastikan Anda telah mempersiapkan sebuah kepingan DVD film yang akan di-rip. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini:

1. Pasang Avidemux ke dalam sistem Anda bila Anda belum memasangnya. Sebagai contoh, saya akan menggunakan Avidemux di sistem operasi Sabily 9.04.

2. Selanjutnya, masukkan DVD film yang akan di-rip ke DVD-ROM. Sebagai contoh, saya akan memakai DVD film mandarin yang berjudul Holiday.

3. Setelah itu, pada aplikasi Avidemux klik File >> Open yang bertujuan untuk membuka file video yang akan dikonversi dari DVD. Pada contoh ini, kita akan membuka file VTS_01_1.VOB dari DVD-ROM.

4. Bila Anda diminta untuk melakukan indeks oleh Avidemux, klik tombol Yes. Setelah Avidemux mendeteksi file VOB lainnya, Anda akan kembali diminta untuk menambahkan file VOB yang dideteksi tersebut. Klik tombol Yes sekali lagi. Maksud dari penambahan di sini adalah file-file VOB tersebut akan disatukan menjadi single file sebagai file outputnya nanti. Biarkan proses penambahan ini berlangsung. Lama tidaknya tergantung banyaknya file yang di-indeks.

5. Selanjutnya, kita akan mengkonfigurasi file outputnya. Sebagai contoh, untuk konfigurasi Video-nya pilih x264 untuk encoding yang cepat, kualitas gambar dan ukuran yang kecil. Sedangkan untuk konfigurasi Audio-nya, pilih AAC. Satu hal yang tidak kalah penting adalah Frame Rate. Perlu diperhatikan, bila Frame Rate ini tidak sesuai maka Video dan Audio yang dihasilkan tidak akan sinkron. Tetapi pada contoh ini, saya akan memakai default-nya saja yaitu 25 FPS. Anda bisa mengkonfigurasinya secara manual pada menu Video >> Frame Rate.

6. Selanjutnya, tentukan nama file dan tempat penyimpanan output-nya. Sebagai contoh, saya akan menyimpan file outputnya dengan nama Holiday.avi di direktori /media/Data. Klik tombol Save untuk melakukan encoding sekaligus menyimpan file output-nya.

7. Tunggu hingga proses encoding ini selesai. Biasanya proses encoding ini akan memakan waktu yang cukup lama tergantung dari besarnya ukuran file yang hendak dikonversi. Setelah selesai, Anda dapat menonton DVD film-nya menggunakan file AVI tersebut.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!


Aksi

Information

3 responses

16 01 2011
Bahar

Nice Infonya Sob,

BTW ni Tipe Avidemux Berapa Ya yg Dipakai ???

Thanks

30 01 2011
crystalforest

klo gw pake avidemux versi 2.4.3.. tapi yang terbaru juga boleh..

15 09 2011
Edi

Thangs bang bro, ini berguna banget

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: