Ripping Audio CD Menggunakan GRIP

22 02 2010

Grip adalah sebuah aplikasi yang dapat mengkonversi Audio CD menjadi format WAVE (*.wav). Jadi, Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk me-rip Audio CD. Aplikasi ini dibuat oleh Mike Oliphant. Anda dapat melihat informasi lebih lanjut tentang Grip di http://www.nostatic.com/grip.

Pada tutorial kali ini, kita akan mempraktekkan cara untuk mengkonversi Audio CD ke format WAVE menggunakan Grip. Namun sebelumnya, Anda sebaiknya telah menyiapkan sebuah Audio CD sebagai bahan percobaan. Ok, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pasanglah Grip pada sistem Anda lalu jalankan. Sebagai contoh, saya akan memakai Grip pada sistem operasi Sabily 9.04.

2. Masukkan Audio CD Anda ke dalam CD-ROM atau DVD-ROM. Sebagai contoh, saya akan memakai Audio CD dari album Ungu yang bertajuk “SurgaMu”. Ini original, lho! ^_^

3. Secara otomatis, Grip akan mendeteksi seluruh track yang ada dalam Audio CD tersebut. Berilah tanda ceklis pada kotak Rip yang disediakan untuk memilih track-track yang ingin dikonversi pada tab Tracks.

4. Selanjutnya pada tab Tracks, klik tombol Rip Only untuk memulai konversi.

5. Maka proses konversi akan segera dijalankan. Tunggulah sejenak sampai seluruh track yang dipilih sebelumnya selesai dikonversi.

6. Bila proses pengkonversiannya telah selesai, Anda dapat mengambil file-file outputnya dari direktori /home/[username-anda]/ogg. Pada contoh ini, saya dapat mengambil file-file output-nya tersebut dari direktori /home/romtoni/ogg. Semua file outputnya tersebut berformat WAVE.

Bila diperhatikan, seluruh file outputnya tersebut mempunyai ukuran yang cukup besar. Anda dapat memperkecil ukuran file-file tersebut dengan cara melakukan konversi dari format WAVE ke format MP3 menggunakan aplikasi LAME. Akan tetapi, dikarenakan pembahasan kita hanya seputar ripping Audio CD maka kita cukupkan saja sampai di sini. ^_^

Selamat mencoba!


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: