Mengkonversi File-file Multimedia Menggunakan Any Video Converter

16 02 2010

Mengapa kita harus melakukan konversi dari file-file multimedia? Apa sih tujuan dari peng-konversian file-file tersebut? OK, sebelum kita mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas, ada baiknya kita mengetahui arti dari kata “konversi” tersebut.

Konversi secara singkat bisa diartikan perubahan suatu format file menjadi format file yang lain. Antara format file yang satu dengan yang lain memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, misalnya dari segi ukuran file, aplikasi-aplikasi apa saja yang dapat membuka format file tersebut, dan lain-lain. Jadi dari sedikit pengetahuan tersebut, otomatis kedua pertanyaan di atas telah terjawab.

Khusus untuk aplikasi yang dapat mengkonversi file-file multimedia, sebenarnya banyak sekali bertebaran di internet. Mulai dari yang gratisan sampai yang berbayar. Mulai dari miskin fitur sampai yang sangat kaya fitur. Dari sekian banyak aplikasi tersebut, kita dapat menggunakan Any Video Converter. Tidak bermaksud untuk iklan, ya! ^_^V

Any Video Converter sendiri, berdasarkan lisensi yang digunakan, terbagi atas dua jenis yaitu Professional Version dan Free Version. Versi gratis dari AVC yaitu Any Video Converter Free Version mendukung banyak format multimedia. Untuk format videonya seperti AVI, MPEG, WMV, MP4, MKV, FLV, dan SWF. Sedangkan untuk format audionya, AVC Free Version mendukung format MP3, OGG, WAV, AAC, M4A, dan WMA. Cukup mumpuni untuk digunakan sehari-hari dan Anda dapat memakainya selamanya.

Jenis kedua dari AVC yaitu Any Video Converter Professional Version. Memang tidak gratis, namun mendukung lebih banyak format multimedia dibandingkan versi gratisnya seperti format Sony PSP, Apple iPhone, Microsoft Zune, Nintendo Wii, Blackberry, Google Android, dan lain-lain. Anda dapat mencobanya dengan sebuah keterbatasan yaitu hanya dapat mengkonversi file-file multimedia maksimal selama 30 detik pertama.

Anda dapat memperoleh kedua jenis dari Any Video Converter ini dari website resminya di http://www.any-video-converter.com. Namun pada contoh kali ini, kita hanya akan memakai aplikasi Any Video Converter Free Version.

Sebagai contoh, saya akan mengkonversikan sebuah video yang saya miliki berjudul “Online di Blankon”. Video ini saya dapatkan dengan cara melakukan perekaman desktop Blankon 5.0 Nanggar Minimalis menggunakan XvidCap, pada saat pertama kali sistem operasi GNU/Linux buatan anak Indonesia ini, berhasil online dari netbook IBS yang saya miliki. Sebuah momen yang cukup bersejarah, bukan? Inilah screenshot-nya. ^_^

OK, selanjutnya saya akan memperlihatkan kepada Anda cara untuk mengkonversi videonya, dimana kali ini kita akan mengkonversi video dengan format Flash Video (*.flv) ke format AVI yang dikostumisasi dengan codec XVID (*.avi). Langkah-langkah pengkonversiannya yaitu sebagai berikut ini:

1. Buka video yang ingin Anda konversi dengan meng-klik toolbar yang bertuliskan Add Video >> pilih video >> klik tombol Open. Seperti yang sudah saya katakan di atas, saya akan memakai video “online-di-blankon.flv” sebagai contoh.

2. Setelah itu, Anda dapat memilih format output hasilnya pada menu dropdown di samping kanan atas aplikasi. Pada contoh ini, pilihlah Costumized AVI (*.avi). Lalu, pada Output Duration, biarkan saja default-nya (All clip duration). Pada Video Option, pilih xvid untuk video codec, original untuk frame size, 768 untuk video bitrate, 30 untuk video framerate. Dikarenakan video ini tidak memakai suara maka kita tidak perlu mengatur format output untuk audionya.

3. Bila pengaturan tersebut telah dilakukan maka Anda sekarang bisa mengklik toolbar yang bertuliskan Convert untuk memulai konversi. Tunggu hingga proses pengkonversian video oleh Any Video Converter selesai dilakukan. Perhatikan gambar di bawah ini!

4.Bila proses pengkonversian telah selesai, maka akan muncul kotak pesan yang intinya berupa iklan untuk meng-upgrade ke versi pro-nya. Untuk saat ini, kita klik tombol yang bertuliskan “No, Thanks!”. Kotak pesan ini muncul karena kita menggunakan versi gratis dari Any Video Converter.

5.Anda dapat mengambil outputnya di folder Any Video Converter >> AVI yang berada dalam direktori My Documents. Khusus untuk format AVI, nama file outputnya akan ditambahkan jenis codec yang digunakan dan dipisahkan dengan tanda underscore menjadi [nama-file]_[nama-codec].avi. Pada contoh contoh kali ini nama file outputnya menjadi “online-di-blankon_xvid.avi”. Perhatikan gambar di bawah ini!

Demikianlah tutorial kali ini. Semoga bermanfaat!


Aksi

Information

14 responses

5 03 2011
iyus firmansyah

bos minta tolong nih…sy lg bljr nih,,,kira kira buat mengkonversi format audio dr window movie maker(MSWMM) ke mpe,mpeg n yg lainnya pakai sofwer apa y????
kalo da boleh dung kirim sofwernya..
sebelumnya terimaksih nih gan…

8 03 2011
crystalforest

MSWMM itu bukan format audio tapi format proyek dari Windows Movie Maker, klo format audio dari Windows Movie Maker itu *.WMA (Windows Media Audio).. sedangkan buat konversi audio ke video itu setahu saya belum bisa..karena audio itu tidak memiliki gambar yang bisa ditampilkan. kalau konversi video ke audio, itu bisa dilakukan karena [setiap] video memiliki suara yang dikeluarkan. semoga bisa menjawab pertanyaan anda.

22 05 2011
ato

mas . knapa klo pas di konvert durasi waktu nya selalu ngurangin ? knapa ia .

7 09 2011
crystalforest

mungkin belum diatur kali..

22 09 2013
Hadiansyah Widodo

ia saya juga begitu suka kepotong gimana solusinya tuhh?

2 10 2011
rissa

knp saat saya meng convert .flv ke .mp4 gambarnya jd cepet trus suaranya normal, gambar sm suara jd ga cocok, bgmn menyettingnya? thx b4

3 12 2011
Jung_ZahraGO

mas saya mau tanya saya ngecilin ukuran vid ke ukuran 3gp / mp4 tapi hasilnya gagal terus. suara sama mulut gg sama,malah ada yang gg ada suaranya sama sekali tolong saya dong mas makasih ^^

11 01 2012
jack

klo videonya pake suara gmn ngaturnya biar sama antara suara dengan video?

15 04 2012
Belva de Stroyer

Sama kaya Mas Ato, saya jga udh coba convert video dgn durasi 00:22:02. Setting Output Duration udh dissetting Stat 00:00:00 dan Stop 00:22:05. Tp hasilnya cuma 00:07:01 Itu kira2 kenapa ya mas ??? Mohon pencerahannya….

13 09 2012
chicarito14

bos,kalo dari format dvd cara gabungin subtitle nya gmn ya pake avc ini

14 11 2012
Gilbert Juga Upi

cara ngatur durasinya biar ga kepotong gmna ya mas…??
mksdnya biar sama kek video awslnya yg mau d convert.

mohon bantuannya.

23 01 2013
ryan

gmn cara ngatur biar durasi nya gk ke potong ?

26 02 2013
kresna

mas kalo saya ngonvert video yg ukurannya besar, kok lama banget ya, bisa sampe satu hari, kalo ada cara yg cepat mohon infonya dong mas

20 05 2013
SUKIRAN

bos, q merubah file FLV ke Mp4 phone, tp knp kug gag bsa full, durasi waktu originalnya 1 jam, tp setelah jd Mp4 phone kug jd 3 mnt??
tlng kasih solusi ea???trims. Mr. SUKIRAN :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: