Mengakses Internet via Mobile Broadband pada GNU/Linux

16 02 2010

Di Indonesia, sekarang ada beberapa operator telepon seluler yang menyediakan layanan mobile broadbrand. Operator-operator tersebut diantaranya AXIS, Excelcomindo (XL), IM3, Indosat, Indosat (Matrix), dan Telkomsel. Sangat disayangkan rasanya kalau kita tidak memanfaatkan fasilitas tersebut terutama lewat komputer desktop. Pada sistem operasi GNU/Linux, kita dapat mengakses internet via mobile broadband yang disediakan operator telepon seluler tertentu menggunakan hp yang dijadikan sebagai modem.

Pada contoh kali ini, saya akan mempraktekkan cara mengkoneksikan komputer desktop ke internet. Namun, ada beberapa alat dan bahan yang harus Anda persiapkan sebelumnya.

Alat dan bahan tersebut diantaranya:

1. Sistem operasi GNU/Linux. Pada contoh ini, saya memakai Sabily 9.04 dengan esktop GNOME. Untuk desktop lain, saya belum mencobanya. ^_^

2. Handphone yang dikenali oleh sistem operasi GNU/Linux Anda dan tentu saja harus dapat mengakses internet. Kali ini saya memakai Nokia N70.

3. SIM Card dari operator yang mendukung mobile broadband beserta pulsa secukupnya. Saya memakai Sim Card XL pada contoh kali ini.

4. Alat untuk mengkoneksikan HP ke komputer. Saya memakai kabel data untuk melakukan-nya. Bila Anda ingin menggunakan Bluetooth, silahkan saja.

Ok, setelah Anda telah menyiapkan semuanya, mari kita lanjut ke langkah-langkahnya.

1. Koneksikan HP Anda ke komputer.

2. Klik kanan pada NetworkManager Applet yang ada pada panel utama. Setelah itu, pilih Edit Connection…

3. Pada jendela Network Connection, pilih tab Mobile Broadband. Setelah itu, klik tombol Add untuk menambahkan daftar baru.

4. Setelah itu, Anda akan langsung menuju ke jendela New Mobile Broadband Connection. Di sana, Anda akan melihat pesan selamat datang. Klik tombol Forward untuk melanjutkan.

5. Selanjutnya, pilihlah Service Provider yang ingin Anda gunakan. Dalam contoh ini, saya memilih Excelcomindo (XL) yang berada dalam negara Indonesia. Setelah itu, klik tombol Forward untuk melanjutkan.

6. Pada tahap berikutnya, Anda bisa menamai koneksi ini dengan nama yang Anda inginkan. Namun pada contoh ini, saya biarkan defaultnya saja. Klik tombol Apply untuk mengakhiri proses penambahan daftar baru sekaligus untuk memasangnya pada sistem Anda.

7. Sekarang pada jendela Network Connection atau lebih tepatnya pada tab Mobile Broadband kini ada daftar Excelcomido (XL) yang dapat digunakan untuk berinternet ria. Klik tombol Close untuk menutup jendela tersebut. Perhatikan gambar berikut ini!

8. Selanjutnya kita akan melakukan koneksi ke internet menggunakan jaringan Excelcomindo (XL) yang sudah dibuat tadi. Caranya mudah yaitu klik kiri pada NetworkManager Applet lalu pilih Excelcomindo (XL).

9. Tunggu sejenak hingga muncul pesan “Connection Established”, yang artinya koneksi telah terjalin dengan jaringan Excelcomindo (XL).

10. Sekarang, Anda dapat mengetesnya dengan membuka situs Google Indonesia pada alamat http://www.google.co.id.

OK. Kini Anda telah dapat ber-internet ria pada sistem operasi GNU/Linux menggunakan fasilitas mobile broadband dari komputer desktop. Untuk masalah kecepatan akses internetnya, itu tergantung sinyal yang Anda dapat di kota Anda. Mahal murahnya pengaksesan internet menggunakan mobile broadband ini, tergantung dari pemakaian Anda dan juga tarif dari operator penyedia layanan. Selamat mencoba!


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: