Cara Lain Menggandakan Dokumen pada Platform GNU/Linux

16 02 2010

Artikel saya kali ini mungkin akan terasa sedikit membosankan untuk dibaca. Ya apa boleh buat bila memang benar itu adanya. Kalau mau jujur, artikel ini mungkin berada di bawah level newbie sekalipun. Jadi, bagi Anda yang sudah merasa pintar sebaiknya tidak usah membaca artikel ini, ya! ^_^

Anda pasti mengenal istilah copy-paste, bukan? Ya, istilah tersebut biasa digunakan untuk menggandakan dokumen baik secara legal maupun ilegal. Sebenarnya saya malas untuk menjelaskan cara konvensionalnya karena Anda pastinya juga sudah sangat familiar dengan siklusnya, bukan? Tetapi biarlah toh tidak ada salahnya ini. ^_^

Yap, siklus copy-paste yaitu klik kanan pada file atau folder yang ingin digandakan lalu pilih Copy. Setelah itu, klik kanan pada tempat yang sudah Anda tentukan sebelumnya lalu pilih Paste untuk membuat duplikat dari dokumen tersebut. Anda juga bisa melakukannya dengan menggunakan shortcut pada keyboard. Caranya yaitu, pilih dokumen yang ingin digandakan lalu tekan kombinasi tombol CTRL+C untuk mengkopinya lalu tekan kombinasi tombol CTRL+V untuk membuat duplikatnya.

Tetapi tahukah Anda bahwa kita juga dapat melakukan copy-paste dengan cara drag and drop? Saya sedang tidak berbicara tentang drag and drop antar folder. Akan tetapi yang saya tekankan di sini adalah drag and drop dari aplikasi yang dapat membuka file-file tertentu ke sebuah tempat, misalnya desktop. Dalam contoh ini, saya akan perlihatkan bagaimana hal tersebut bisa dilakukan. Setidaknya ada dua contoh yang ingin saya perlihatkan kepada Anda. Tidak ribet kok, just relax! ^_^

Untuk contoh pertama, saya akan melakukan penggandaan dokumen gambar menggunakan aplikasi Eye of GNOME pada OS Sabily 9.04. Langkah-langkahnya yaitu :

1. Bukalah sebuah gambar menggunakan aplikasi Eye of GNOME. Sebagai contoh, saya akan membuka foto kenang-kenangan saat saya dan teman-teman berwisata ke Gunung Tangkuban Perahu tahun 2009 silam. ^_^

2. Setelah itu, klik kiri dan tahan mouse pada gambar tersebut selama beberapa saat. Lalu, pindahkan kursor mouse keluar dari aplikasi tersebut sambil tetap menahan klik kiri mouse. Langkah inilah yang disebut sebagai drag. Secara otomatis, kursor mouse yang tadinya berupa panah akan berubah menjadi gambar tangan disertai thumbnail dari gambar tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini!

3. Setelah itu, lepaskan kursor mouse tadi di sebuah tempat. Pada contoh ini, saya akan melepasnya di desktop. Langkah melepas kursor inilah yang disebut sebagai drop. Nah, pada tahap inilah proses penggandaan gambar secara drag and drop telah selesai. Anda bisa mengecek gambar duplikat tersebut dari bagian Properties-nya.

Ok, untuk contoh pertama telah selesai. Sekarang saatnya beralih ke contoh kedua.

Pada contoh kedua ini sebenarnya memakai prinsip yang sama dengan contoh yang pertama, namun kali ini kita akan melakukan penggandaan untuk file video menggunakan Totem Movie Player.

Langkah-langkahnya sebagai berikut ini:

1. Buka file video yang ingin Anda gandakan menggunakan aplikasi Totem Movie Player. Sebagai contoh, saya menggunakan video hasil perekaman game Road Rash – Jailbreak.

2. Klik kiri dan tahan pada video yang sedang dimainkan tersebut lalu drag-lah keluar dari aplikasi Totem Movie Player. Keistimewaan dari proses drag ini ialah Anda tidak perlu menghentikan sementara video tersebut. Jadi, Anda bisa melakukannya secara real-time. Namun, ada yang sedikit berbeda pada saat pen-drag-an ini dilakukan bila dibandingkan dengan contoh yang pertama tadi, dimana kursor ini akan berubah menyerupai tangan disertai icon dokumen generik, dan bukan berupa thumbnail untuk file videonya. Perhatikan gambar di bawah ini!

3. Setelah itu, lakukanlah proses drop diluar aplikasi tersebut. Pada contoh ini, kita akan melakukan drop di desktop. Bila sudah Anda lakukan, berarti Anda telah sukses menggandakan video secara drag and drop dari aplikasi Totem Movie Player. Seperti halnya contoh pertama tadi, Anda bisa mengecek video hasil penggandaan tersebut dari bagian Properties-nya.

Demikianlah artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat!


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: