Trik Menghapus Icon Tema yang Sulit Dihapus pada Desktop GNU/Linux

13 02 2010

Mungkin ada sebagian dari kita suka sekali mencoba-coba tema-tema tertentu pada desktop, dalam hal ini tema-tema yang ditujukan untuk desktop GNOME dari OS GNU/Linux. Seringkali pula kita hanya ingin menggunakan icon-iconnya saja tanpa keseluruhan objek dari tema tersebut (controls, colors, window border, dan pointer).

Namun, ada kalanya icon-icon tersebut sudah tidak ingin kita pakai lagi dan ingin rasanya kita hapus secepatnya dari desktop. Akan tetapi, ada kalanya pula kita tidak dapat dengan mudah menghapusnya dari aplikasi Appearance Preferences karena tombol Delete pada jendela Icons berwarna abu-abu dan tidak bisa diklik alias di-disable oleh sistem.

Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah trik yang sebenarnya cukup sederhana untuk dapat melakukan hal tersebut. Langkah-langkah penghapusan icon-icon yang “membandel” tersebut, yaitu:

1. Pastikan Anda telah menentukan sebuah icon tema yang ingin dihapus. Untuk sekedar mengecek icon tema-icon tema yang telah terinstal dalam desktop Anda, caranya yaitu klik kanan desktop >> Change Desktop Background >> Theme >> Customize >> Icons. Pada contoh ini, saya akan menghapus icon tema yang bernama “GNOME-Brave” dari desktop Sabily 9.04. Perhatikan gambar di bawah ini!

Terlihat pada gambar di atas, tombol Delete-nya telah di-disable oleh sistem yang artinya kita tidak dapat menghapusnya langsung dari aplikasi tersebut.

2. Setelah itu, masuklah ke lokasi tempat semua icon tema-icon tema tersimpan yaitu di direktori /usr/share/icons menggunakan Nautilus – File Manager. Pada direktori tersebut, Anda pasti melihat sebuah folder yang bernama GNOME-Brave yang tidak lain tidak bukan berisikan icon-icon dari tema GNOME-Brave tersebut. Hapuslah folder tersebut dengan menekan tombol delete pada keyboard, yang mana hal itu juga sekaligus bertujuan untuk menghapus keseluruhan icon tema GNOME-Brave dari desktop tanpa sisa sama sekali. Oiya, Anda harus menjadi root pada saat menjalankan Nautilus – File Manager agar dapat menghapus folder GNOME-Brave tersebut dengan lancar. Caranya yaitu dengan menggunakan perintah sudo nautilus pada Terminal.

Catatan: Bila Anda menjalankan aplikasi Nautilus – File Manager sebagai root dimana desktop Anda memakai tema Mac4Lin, maka secara otomatis tema dari aplikasi tersebut akan berubah dan menyerupai tema “Windows Classic”. Perhatikan saja perbedaan tampilan aplikasi Nautilus – File Manager pada gambar di atas (sebagai user biasa) dengan gambar di bawah ini (sebagai root)!

3. Setelah dihapus, maka icon tema “GNOME-Brave” akan musnah selamanya dari desktop Anda. Anda dapat mengeceknya dari aplikasi Appearance Preferences pada bagian Icons. Perhatikan gambar di bawah ini!

Mudah sekali, bukan? Anda dapat melakukannya untuk menghapus icon tema-icon tema yang lain. Semoga bermanfaat!


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: