Menyiasati Pengambilan Screenshot pada Distro Blankon 5.0 Minimalis

10 02 2010

Pada Blankon 5.0 Nanggar versi Minimalis yang memakai desktop LXDE, secara default tidak dilengkapi fitur “printscreen” untuk mengambil screenshot dari layar desktop. Jadi, jangan heran bila Anda tidak dapat memakai fitur “Take Screenshot” ataupun memakai tombol Printscreen pada keyboard untuk mengambil screenshot layar desktop, layaknya jika Anda bekerja memakai Blankon 5.0 versi Reguler atau distro lainnya yang memakai GNOME sebagai default desktopnya.

Ada sedikit cerita yang menarik tentang hal ini dan menjadi inspirasi saya dalam menulis tutorial ini. Saya baru menyadari kelemahan Blankon 5.0 Minimalis tersebut, ketika saya menggunakannya pada netbook untuk mengerjakan laporan akhir praktikum dimana tugas tersebut menuntut adanya screenshot layar yang dibutuhkan sebagai output. Ini tentu saja merepotkan. Padahal saat itu bukan saya saja yang memakai netbook tersebut tapi juga teman-teman saya. Saya memakai Blankon 5.0 Minimalis karena saya pikir distro tersebut cukup mumpuni untuk digunakan pada netbook saya. Ya apa boleh buat, tak ada gading yang tak retak. T_T

Setelah dipikir-pikir, akhirnya saya menemukan caranya (selain berganti distro tentunya) yaitu dengan cara merekam semua aktifitas yang terjadi pada desktop menjadi sebuah video lalu mengekstrak gambar yang diperlukan dari video tersebut. Saya menggunakan software XvidCap untuk merekam. Setelah aktifitas perekaman desktop selesai, saya ingin mengekstraknya gambar yang diperlukan tersebut menggunakan Totem Movie Player. Pada Blankon 5.0 Minimalis sebenarnya telah terpasang Totem Movie Player, namun sayangnya fitur Take Screenshot-nya tidak dapat dipakai atau disable. Alhasil saya, pada waktu itu, menggunakan OS lain untuk mengekstraksi gambarnya. Semoga pada Blankon Minimalis versi-versi berikutnya telah menyertakan fitur Take Screenshot atau semacamnya bila memakai lagi desktop LXDE.

Kurang lebih gambar Totem Movie Player pada Blankon 5.0 Minimalis seperti di bawah ini. Maaf, video pada waktu itu sudah hilang entah kemana, jadi saya pakai yang ini saja ya. ^_^

Sebenarnya, bisa saja saya memakai Totem Movie Player untuk mengekstraksi gambar dari video dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1.Buka video yang ingin diekstraksi gambarnya menggunakan Totem Movie Player. Saya menggunakan Totem Movie Player yang terpasang pada Sabily 9.04.

2.Setelah ditemukan gambar yang ingin diekstraksi dari video, tekan tombol spasi pada keyboard untuk menghentikan sementara video tersebut.

3.Setelah itu, klik menu Edit >> Take Screenshot atau menekan tombol CTRL+S untuk membuka kotak dialog penyimpanan gambar.

4.Setelah Anda menentukan tempat penyimpanannya, beri nama untuk screenshot ini. Terakhir, klik tombol Save untuk menyimpan gambar tersebut.

5.Pada tahap ini, Anda telah mendapatkan gambar atau screenshot pada layar yang Anda inginkan. Anda dapat membuka hasilnya menggunakan Image Viewer seperti gambar di bawah ini.

Mudah, bukan? Selamat mencoba!


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

