Mengubah Tata Letak Tombol Min, Max, dan Close pada Aplikasi GUI

10 02 2010

Disadari atau tidak apabila kita mengubah tema dasar dari OS kita menjadi seperti yang dimiliki Mac OS X, pasti ada satu hal yang kurang. Sesuatu yang dirasakan sepele namun itu dapat bermakna besar karena bisa menjadikan “usaha penipuan” Anda menjadi gagal. Sesuatu tersebut adalah tata letak dari tombol minimize, maximize, dan close dari jendela aplikasi GUI.

Tata letak tombol-tombol tersebut pada OS Windows maupun GNU/Linux secara default terletak di sebelah kanan atas, sedangkan pada Mac OS X ada di sebelah kiri atas. Sebagai contoh, inilah tema dasar dari OS Sabily 9.04 dengan tata letak tombolnya di sebelah kanan atas.

Namun, bila Anda memakai tema Mac4Lin untuk OS GNU/Linux ber-desktop GNOME maka secara otomatis tata letak tombol Anda berubah mengikuti tata letak tombol Mac OS X. Sayangnya, ini setahu saya saja, hal ini belum dapat dilakukan di OS Windows.

Tetapi tahukah Anda bila sebenarnya Anda bisa melakukan pemindahan tata letak tombol tersebut secara manual? Bila belum tahu, inilah langkah-langkahnya:

1. Tekan kombinasi tombol Alt+F2 pada keyboard secara bersamaan untuk menampilkan jendela Run Application. Lalu, ketikkan perintah gconf-editor untuk memanggil program Configuration Editor – general. Klik tombol Run untuk menjalankannya.

2. Masuklah ke bagian button_layout. Anda dapat mengaksesnya dengan cara menelusuri /apps/metacity/general/button_layout. Secara default, di sana terisi aturan mengenai tata letak tombol aplikasi GUI yaitu menu:minimize,maximize,close.

3. Klik ganda pada button_layout, lalu isikan aturan close,minimize,maximize:menu pada jendela Edit Key agar urutan tombolnya menjadi Close, Minimize, dan Maximize yang terletak di bagian kiri atas pada jendela aplikasi GUI.

4. Klik OK untuk menerapkan perubahan. Secara otomatis, tata letak tombol aplikasi GUI pada sistem GNU/Linux Anda akan berubah.

Jadi, hasil akhirnya adalah seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

Demikianlah tutorial kali ini. Semoga bermanfaat!


Aksi

Information

One response

10 04 2012
seratus21

bro, mo nanya… gw coba nih ya make tampilan mac os di windows 7, dan berhasil. Nah anehnya kalo gw buka office nah tombol close-nya ketutup sama start button office tersebut. Intinya tombol close office-nya ketutup. Agak susah buat nge=close-nya…..

ada saran ngga?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: