Membuat File PDF dengan Ukuran Kecil Menggunakan Utilitas PS2PDF

10 02 2010

Bagi Anda yang bekerja dengan menggunakan OpenOffice.org, pasti tahu kalau di sana ada sebuah fitur Export as PDF. Fitur tersebut sangat berguna bagi Anda yang sering melakukan pertukaran dokumen, karena fitur tersebut dapat mengkonversi dokumen Anda ke format PDF. Format PDF ini sendiri memiliki banyak keunggulan diantaranya format penulisan yang dipakai oleh sebuah dokumen tidak berubah di berbagai platform, lebih tahan terhadap serangan virus, tidak dapat diutak-atik lagi, dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak keunggulan yang dimiliki oleh fitur Export as PDF dari OpenOffice.org, ternyata fitur tersebut menyimpan sebuah kekurangan yang cukup signifikan bila Anda sering melakukan pertukaran dokumen lewat internet. Kekurangan tersebut adalah ukuran file PDF yang dihasilkan oleh fitur tersebut cukup besar. Padahal bila kecepatan akses internet Anda cenderung lambat, tentu hal ini akan memboroskan waktu Anda. Untungnya, ada sebuah utilitas lain yang dapat mengkonversi dokumen ke PDF tetapi dengan ukuran yang relatif lebih kecil. Utilitas tersebut bernama PS2PDF.

PS2PDF, dari namanya saja sudah dapat ditebak apa kegunaanya, yaitu dapat mengkonversi dokumen berformat PostScript (*.ps) ke format PDF. Kita dapat memperoleh format PostScript ini dari OpenOffice.org dengan cara mencetak file dokumen aslinya ke sebuah file PostScript dimana opsi Print to File yang terletak pada jendela Print diaktifkan.

Akan tetapi, jangan heran bila kita mendapatkan file PostScript yang ukurannya lumayan besar karena file tersebut hanya digunakan sebagai perantara untuk mendapatkan file PDF yang ukurannya relatif kecil.

Sebagai contoh, saya akan membuat file PDF dari tutorial saya yang berjudul Remastering Linux Untuk Menghemat Penyimpanan di sistem operasi GNU/Linux Sabily 9.04.

Pertama kali yang saya lakukan adalah membuat file PDF-nya menggunakan fitur Export as PDF dari OpenOffice.org Writer. Hal ini dilakukan dengan tujuan sebagai “musuh”, yang nantinya kita bandingkan ukurannya dengan file PDF hasil pengkonversian menggunakan PS2PDF. Untuk sementara ini, kita bandingkan dulu ukuran file aslinya (ODT) dengan file PDF hasil penggunaan fitur Export as PDF dimana seperti yang tampak pada gambar di bawah ini:

Ternyata, ukuran file aslinya dengan ukuran file PDF hasil pengkonversian menggunakan fitur Export as PDF itu tidak berbeda jauh. Sekarang saatnya kita menggunakan utilitas file PS2PDF untuk mendapatkan file PDF-nya.

Cara menggunakan utilitas PS2PDF tersebut amatlah mudah, yaitu :

1.Pastikan Anda telah mempunyai file dengan format PostScript dari file dokumen aslinya.

2.Lalu, masuklah ke dalam Terminal dengan cara klik kanan di dalam folder yang terdapat file PostScript-nya lalu pilih Open In Terminal. Oiya, sebelumnya pastikan file PostScript Anda tidak memakai spasi dalam hal penamaannya agar tidak terjadi kesalahan nantinya.

3.Setelah masuk ke dalam Terminal, ketikkan perintah ps2pdf [nama-file].ps untuk dapat langsung mengkonversinya ke format PDF.

4.Bila Anda telah menjalankan perintah ps2pdf [nama-file].ps, maka secara otomatis file PDF-nya akan dibuat dengan nama yang sama dan terletak pada direktori yang sama pula dengan file PostScript-nya.

Nah, pada tahap ini kita telah mendapatkan dua buah file PDF dimana yang pertama dihasilkan oleh fitur Export as PDF dan yang kedua dihasilkan oleh utilitas PS2PDF. Selanjutnya, kita dapat membandingkan ukuran kedua file PDF tersebut yang mana hasil perbandingan kedua file PDF tersebut ditunjukkan oleh gambar di bawah ini:

Dengan demikian, terbukti bahwa file PDF yang dihasilkan oleh utilitas PS2PDF mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan file PDF yang dihasilkan oleh fitur Export as PDF. Jadi bila Anda ingin melakukan pertukaran dokumen lewat internet khususnya dengan format file PDF, pertimbangkanlah selalu penggunaan utilitas PS2PDF untuk menghasilkan file PDF Anda.

Semoga bermanfaat!


Aksi

Information

One response

10 02 2010
kelas1

Thank bro…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: