LiveCD vs LiveUSB

15 01 2010

LiveUSB vs LiveCD? Sebenarnya gak terlalu berbeda sih untuk tujuannya. Tetapi saya ingin share aja.. tentang keunggulan LiveUSB dibanding LiveCD.

1. USB Flash Disk yang dapat dipakai sebagai media LiveUSB masih dapat ditulisi atau digunakan sebagai media penyimpanan tanpa menggangu Linux LiveUSB didalamnya, misalnya saat kita bermain di-warnet yang memakai OS Windows. namun perlu diperhatikan kapasitas USB-nya dan filesistem-nya yaitu FAT32 bukan EXT3. ^_^

2. LiveUSB lebih dapat diandalkan untuk media instalasi Netbook, jika Anda tidak mempunyai CD/DVD External. Ini berarti kita tidak memerlukan device tambahan.

3. LiveUSB lebih mudah dibawa-bawa tanpa harus takut patah.

4. Kapasitas USB Flash Disk lebih besar ketimbang daripada CD atau DVD sehingga kita dapat menggunakan sisa space-nya untuk penyimpanan data.

5. Tidak perlu software burning dan drive CD/DVD-RW, hanya perlu Unetbootin dan Port USB.

Namun, ada kelemahan LiveUSB dari LiveCD yaitu dari harga media yang dipakai (USB dan CD/DVD) yaitu UFD masih lebih mahal dari CD dan DVD. Selain itu, khusus untuk Linux LiveUSB yang bisa diinstal lewat Windows (Ubuntu dan turunannya), file executable-nya sering dianggap virus oleh antivirus karena jika dilihat dari Windows Explorer, UFD yang terdapat didalamnya Linux LiveUSB sering menyertakan file autorun.inf yang mengacu ke file .exe yang dipakai Linux LiveUSB untuk instalasi lewat Windows.

Saya pernah mengalami hal tersebut, saat memakai distro Linux Mint sebagai LiveUSB dimana (klo gak salah) file MintInstall.exe dicurigai sebagai virus oleh Antivirus Kebanggaan Indonesia, Smadav. Langsung saja file tersebut dihapus dan terpaksa deh saya hapus juga Linux Mint dari UFD saya… T_T

Mohon maaf bila kata-katanya ada yang kurang berkenan. ^_^


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: