Membuat Icon dari Gambar Menggunakan Aplikasi IcoFX

26 06 2010

IcoFX adalah sebuah aplikasi gratis pembuat icon yang cukup powerful dimana aplikasi ini dapat membuat icon-icon yang biasa dipakai oleh aplikasi yang berjalan pada sistem operasi Windows dan Machintosh. Anda dapat mengunduhnya dari situs reminya di http://icofx.ro

Kita dapat menggunakannya untuk menghasilkan icon-icon yang bagus untuk berbagai keperluan dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan cara melakukan konversi gambar menjadi icon. Dengan cara ini, jika Anda telah mempunyai gambar yang bagus, Anda dapat langsung mengkonversinya tanpa kehilangan banyak detail gambarnya. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot membuat icon dari awal walaupun hal tersebut masih dapat dimungkinkan.

OK, langsung saja kita praktekkan. Kali ini kita akan membuat icon untuk aplikasi yang berjalan pada Windows. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut :

1. Bukalah aplikasi IcoFX pada sistem Anda.

2. Lalu, klik menu File >> Open (Ctrl+O). Pada kotak dialog yang muncul, pilihlah Files of type menjadi Images. Setelah itu, pilih sebuah gambar yang akan dikonversi menjadi icon. Sebagai contoh, saya akan menggunakan logo Kamen Rider Agito. Lalu, klik tombol Open bila sudah.

3. Pada kotak dialog New Image, tentukanlah resolusi dan kedalaman warna dari icon yang akan dibuat. Sebagai contoh, kita akan memakai opsi True Color + Alpha Channel (32 bits) untuk kedalaman warna dan 48×48 untuk resolusi iconnya. Selanjutnya, klik tombol OK untuk melanjutkan.

4. Pada kotak dialog Advanced Import, Anda dapat melakukan pengaturan tambahan dari gambar yang akan dikonversi menjadi icon. Untuk kali ini, gambarnya akan kita biarkan apa adanya saja. Klik tombol OK untuk melanjutkan.

5. Yap, kini icon yang dihasilkan dari gambar logo Kamen Rider Agito telah berhasil dibuat.

6. Setelah itu, kita dapat menyimpannya pada sebuah tempat misalnya pada drive E:\ dengan cara mengklik tombol Save. Pastikan Anda menyimpannya dalam format Windows Icon (*.ico).

7. Selamat, kini Anda telah mempunyai icon dari logo Kamen Rider Agito. Anda dapat menggunakannya untuk apapun yang Anda suka, misalnya untuk icon UFD.

Dengan demikian, berakhirlah seluruh proses pembuatan icon dari gambar menggunakan aplikasi IcoFX. Akhir kata, selamat mencoba!


Aksi

Information

7 responses

26 06 2010
Adam Kurniawan

Kunjungan sesama blogger nih…
Nice blog and good post sob!
Ditunggu kunjungan baliknya nih di blog baru ane,
dan jangan lupa tinggalin jejak di postingan terbaru ane ya sob… :)

26 06 2010
crystalforest

thanks juga sob!

29 08 2010
Marco

Thanxs ya Gan…
Ni sngat Mmbntu…

5 10 2010
Cara membuat Icon Shourtcut pada Dekstop « Ciccikoni 371

[...] mencoba, ucapan terima kasih buat crystalforest.wordpress.com yang telah mengajarkan tips menggunakan aplikasi IcoFX. Akhir kata, selamat [...]

6 10 2010
crystalforest

formal amat kata2nya, :D

30 10 2011
ariska138

thankz mas bro.. ^_^

22 12 2011
freddy

thanx gan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: